Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

11 Fitur Bawaan Instagram Efektif untuk Bisnis

11 Fitur Bawaan Instagram Efektif untuk Bisnis
11 Fitur Bawaan Instagram Efektif untuk Bisnis

Penelusuran terkait

#fitur unggulan dari instagram bisnis#yang termasuk informasi bisnis publik pada instagram bisnis adalah#fitur instagram bisnis#jenis bisnis yang tersedia di instagram bisnis adalah#fitur instagram pendukung bisnis lokal#fitur apa pada aplikasi instagram yang bisa digunakan untuk promosi produk#cara kerja bisnis online di instagram#cara membuat instagram bisnis menarik

Ketika kita berbicara tentang tips penjualan di Instagram, membahas tentang teknik marketing penjualan saja tidak cukup. Tidak kalah pentingnya untuk mempelajari cara mengoptimalkan fungsi-fungsi fitur yang terdapat di Instagram tersebut untuk meningkatkan penjualan semaksimal mungkin.  

fitur bawaan instagram

Perlu Anda ketahui, setiap platform media sosial memiliki karakteristik masing-masing. Karakter ini dipengaruhi oleh fasilitas yang disediakan oleh pihak developer sehingga mepengaruhi kecenderungan pengguna. Jika Anda perhatikan, antara Instagram dan Facebook misalnya, meskipun kedua sudah terintegrasi, masing-masing tetap mempunyai karakter berbeda.  

Fitur Bawaan Instagram yang Efektif untuk Penjualan, Harus Dioptimalkan 

Perbedaan karakter platform Instagram dari media lainnya, mengharuskan Kita untuk mendalami apa saja kemampuan aplikasi tersebut. Khususnya bagi Anda yang berniat membangun bisnis online di Instagram, ulasan terkait fitur bawaan Instagram yang efektif untuk bisnis ini sangat penting untuk diketahui. 

Berikut ulasannya:

1. Tersedia Pilihan Akun Bisnis

Instagram menyediakan dua jenis akun pengguna, yakni akun pribadi dan akun bisnis. Perbedaan keduanya terdapat pada fungsinya. Akun bisnis dilengkapi dengan fitur promosi bawaan dan Insight untuk memudahkan penjual memasarkan produknya. Adapun salah satu fungsi akun pribadi adalah Anda dapat mengaktifkan akun dalam mode privat. 

2. Optimasi Hastag 

Hastag menjadi elemen yang sangat identik dengan Instagram, meskipun ia juga terdapat di beberapa platform media lain. Hastag tidak hanya bermanfaat untuk menunjukkan kategori produk yang sedang diposting, melainkan juga berfungsi sebagai ‘keyword’ yang nantinya diakses seseorang ketika sedang mencari barang.

Oleh karena itu, penting sekali memilih hastag paling relevan untuk setiap postingan produk. Pilih hastag yang sederhana dan mudah diakses, sudah digunakan oleh banyak pengguna, dan pilih maksimal 5 hastag saja. Hastag terlalu banyak atau terlalu sedikit justru akan mengurangi keefektifan hastag. 

3. Unggahan Berkala 

Di Instagram, postingan produk secara rutin berpengaruh terhadap eksistensi akun. Terbukti, rahasia sukses para pebisnis online tersebut adalah unggahan mereka yang terjadwal setiap hari di jam-jam ramai pengguna. Postingan yang teratur setiap hari akan menunjukkan profesional bisnis Anda, sehingga menunjukkan diri sebagai bisnis online di Instagram terpercaya.  

4. Bio Untuk Memposting Tautan 

Jika Anda menyediakan katalog produk di website, menyediakan transaksi penjualan melalui marketplace, atau mengajak followers mengunjungi sebuah website, Anda bisa mencantumkan tautan link alamat tersebut di bio yang berada di bawah poto profil. Letaknya link strategis sangat menguntungkan Anda. 

5. Memiliki Fitur Insight

Jika Anda sudah mengubah pengaturan Instagram ke akun bisnis, Anda akan mendapatkan fasilitas tambahan gratis berupa Insight. Melalui fitur gratis ini, Anda dapat mendapatkan informasi tentang followers-followers Anda serta berapa orang yang mengunjungi halaman akun Anda setiap hari.

Informasi tersebut akan sangat bermanfaat untuk memetakan cara berinteraksi penjual kepada followersnya. Informasi insight meliputi, presentase jenis gender, kota domisili, serta rata-rata usia followers. Apabila menghendaki informasi lebih mendetail dan akurat, Anda bisa memanfaatkan fitur insight berbayar. 

6. Disupport Oleh Tools-tools yang Kreatif 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Instagram adalah gudangnya para content creator design dan videografi kelas tinggi. Oleh karena itu, muncul istilah ‘foto ‘instagramable’. Bagi Anda yang belum menguasai bidang tersebut, tak perlu khawatir. Instagram mempunyai tools-tools yang sangat mudah digunakan, salah satunya aplikasi edit foto Canva / melalui websitenya, Canva.com. 

7. Promosi Berbayar 

Bagi Anda yang merasa kurang puas atau membutuhkan promosi yang lebih akurat kepada konsumen potensial, Instagram juga menyediakan promosi berbayar. Adapun cara kerja bisnis online di instagram melalui promosi berbayar sangat mudah, penjual bisa menentukan sendiri berapa anggaran tarif promosi mereka serta jenjang promosi yang diinginkan.  

8. Ruang Endorsment Tinggi 

Cara promosi yang satu ini sangat populer di Instagram. Sistem endorsment ialah, Anda melakukan kerjasama dengan para artis atau selebgram yang sudah memiliki ribuan followers untuk mempromosikan produk Anda. Penjual dapat memilih sendiri model endorsment mereka yang dianggap relevant dengan produk promosi. 

9. Strategi Kolom Komentar

Banyak orang menganggap, jumlah followers adalah aspek terpenting dari sebuah bisnis online. Padahal belum tentu. Jumlah followers hanya menjadi daya tarik pertama kali, selanjutnya calon konsumen akan memperhatikan kolom komentar Anda. Percaya atau tidak, kolom komentar umumnya menjadi aspek verifikasi calon konsumen dalam menilai keamanan bisnis Anda. 

Oleh karena itu, mengajak para followers berinteraksi adalah penting. Manfaatkan kolom komentar sebaik mungkin untuk merekatkan hubungan emosional dengan followers. Fakta membuktikan, semakin banyak jumlah komentar kian menunjukkan kredibilitas sebuah bisnis online. 

10. Fitur Tag Untuk Kerjasama 

Jika berniat melakukan kerjasama promosi dengan teman atau konsumen, Anda bisa memanfaatkan fitur tag. Pengguna tinggal memasang nama Anda dengan awalan @ pada gambar atau caption. Ketika orang lain mengetuk tag ini, mereka akan langsung masuk pada halaman akun Anda. Sangat efektif, bukan?

11. Fitur Highligt Untuk Mengabadikan Story

Informasi-informasi tambahan terkait produk, seperti testimony, prosedur pemesanan, ketentuan return, atau lain sebagainya bisa Anda cantumkan dalam highligth. Apabila melalui instastory unggahan hanya bertahan selama 24 jam, penjual dapat mengabadikan unggahan tersebut melalui fitur highlight. 

Bisnis online di Instagram akan lebih mudah dan efektif ketika Anda dapat mengoptimalkan tiap-tiap fasilitas di dalamnya dengan benar dan optimal. Instagram telah memiliki jutaan pengguna dengan jumlah kunjungan puluhan ribu jam setiap harinya. Oleh karena itu, tak perlu berpikir dua kali untuk menggunakan platform ini sebagai media penjualan Anda

Post a Comment for "11 Fitur Bawaan Instagram Efektif untuk Bisnis"