Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

8 Cara Promosi di Instagram, Mudah dan Efisien

8 Cara Promosi di Instagram, Mudah dan Efisien

8 Cara Promosi di Instagram, Mudah dan Efisien

Penelusuran terkait
#cara promosi di instagram story#kata-kata promosi di ig#cara promosi di instagram gratis#cara bayar promosi di instagram#promosi di instagram apakah berbayar#cara mempromosikan ig agar banyak followers#cara iklan di instagram gratis#cara mempromosikan ig di wa

Aplikasi Instagram mulai dirilis pada tahun 2010. Hingga saat ini terus berkembang dengan sangat pesat. Instagram merupakan sosial media yang masih memiliki hubungan saudara dengan Facebook. Aplikasi ini memiliki fokus sebagai platform untuk mengunggah foto dan video dan sekarang banyak disukai masyarakat. 

Dapat dibuktikan aplikasi Instagram sudah banyak diunduh dan dipakai oleh masyarakat di seluruh dunia. Statista.com melansir data hingga kini pengguna aktif Instagram mencapai 500 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

Seiring berjalannya waktu, aplikasi Instagram makin populer di Indonesia. Di tahun 2016 terdapat sekitar 22 juta masyarakat Indonesia merupakan pengguna aktif Instagram. Popularitas Twitter semakin dikalahkan oleh Instagram. 

Bagi sebagian orang yang memiliki bisnis online, mereka memanfaatkan Instagram dengan menjadikannya sebagai sarana untuk mempromosikan produk yang dimiliki supaya penjualan mengalami peningkatan.

Menjadikan Instagram sebagai media promosi secara online memiliki sistem yang hampir sama dengan media promosi lainnya. Agar omset penjualan terus meningkat, diperlukan waktu dan juga melalui proses agar produk yang dimiliki dapat dikenal banyak orang dan bisa mendapatkan banyak pelanggan. 

Bagi Anda yang masih pemula dan ingin memanfaatkan Instagram sebagai sarana promosi, Anda harus memahami strategi dalam memasarkan produk di Instagram. Namun, jangan khawatir pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara promosi di Instagram gratis. Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

8 Cara Promosi di Instagram Gratis

1. Unggah Foto Produk Secara Rutin

Cara pertama yang perlu Anda lakukan yaitu untuk mengunggah foto atau video secara rutin. Instagram memiliki ciri yang sama seperti sosial media lainnya. Aplikasi ini akan menampilkan postingan terbaru yang diunggah dan kemudian dapat dilihat oleh pengikut akun Anda. 

Tujuan mengunggah foto atau video secara rutin yakni agar dapat diketahui oleh pengikut bahwa akun masih aktif. Tujuan yang lain supaya orang yang melihat postingan tersebut akan memiliki minat untuk membeli. Apabila Anda tidak pernah memposting produk, maka followers tidak mengingat dagangan Anda.
 
Anda dapat memposting gambar atau video sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Tapi perlu diingat juga jangan sampai melakukan spam. Karena sebagian orang akan merasa risih apabila terdapat unggahan spam. Melalui cara inilah, akun online shop Anda dapat lebih dikenal orang dan dapat menarik orang untuk membeli produk toko Anda.

2. Konten yang Menarik

Jangan sembarangan memposting konten. Tetapi perhatikan kualitas foto dan video supaya tetap terjaga sehingga menarik untuk dilihat. Foto dan video merupakan hal yang penting dalam bisnis online. Karena melalui foto atau video inilah Anda dapat menarik calon konsumen dan mereka dapat menilai produk Anda. 

Setiap akan memposting usahakan menggunakan foto yang original dari hasil memfoto produk sesungguhnya karena tentu kualitasnya akan lebih bagus daripada Anda menggunakan screenshootan hasil foto orang lain.

3. Gunakan Hashtag

Penggunaan hashtag juga mempunyai peran yang besar di dalam mempromosikan suatu produk di Instagram. Biasanya pengguna Instagram mencari suatu produk yang mereka inginkan dengan mencarinya melalui hashtag. 

Dalam suatu hashtag terdapat kumpulan postingan yang sejenis, sehingga mereka akan lebih mudah menemukan produk yang diinginkan. Bisa jadi produk Anda dikenal melalui hashtag tersebut.

Pastikan hashtag yang Anda gunakan sesuai dengan produk yang akan diposting dan gunakan kata-kata yang banyak orang cari. Misalnya seperti: #pakaianmurah #bajukekinjan #kaospria dan sebagainya. Jangan gunakan hastag yang tidak ada hubungannya dengan postingan Anda.

4. Posting Pada Waktu yang Tepat

Sebelum mengupload foto, Anda harus mempertimbangkan waktu yang tepat untuk mempostingnya di Instagram. Tujuannya tak lain agar postingan Anda banyak dilihat dan mendapatkan banyak respon dari pengikut. Berikut waktu yang tepat untuk memposting foto atau video Anda:

- Siang hari: pukul 12.00 - 14.00
- Sore hari: pukul 17.00

Waktu di atas sangat tepat karena biasanya pada jam tersebut banyak orang yang memiliki waktu luang dan santai sehingga mereka menghabiskannya untuk membuka aplikasi Instagram. Sedangkan untuk memperbarui postingan produk waktu yang tepat adalah pukul 06.00-09.00 dan 20.00-23.00 

Untuk hari kerja atau hari libur kamu dapat menyesuaikan waktunya, karena hari juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi waktu yang tepat untuk memposting di Instagram.

5. Berikan Layanan yang Dapat Mempermudah Pembeli

Kemudahan untuk berbelanja melalui online shop merupakan salah satu alasan mengapa orang memilih untuk berbelanja di online shop. Untuk itu, cobalah untuk selalu menawarkan kemudahan dan tawaran yang menarik kepada calon pembeli. Kamu dapat melakukannya misal dengan cara memberikan potongan harga. 

Biasanya pembeli suka apabila diberi potongan harga dan ini bisa membuat mereka mau kembali berbelanja di online shop Anda. Terutama bagi pembeli yang adalah reseller dan akan menjual kembali produk Anda kepada orang lain.

Selain memberikan potongan harga, Anda juga bisa memberikan gratis ongkir untuk pembeli di wilayah tertentu. Layani dengan sebaik mungkin apabila ada pembeli yang ingin melakukan retur barang yang rusak atau barang yang tidak sesuai dengan permintaan mereka. Jika Anda melakukan hal sedemikian, pasti pembeli akan terus tertarik untuk berbelanja di online shop Anda.

6. Mengikuti Program Iklan Gratis

Promosi di Instagram melalui mengikuti program iklan sangat efektif. Iklan pada Instagram ada dua jenis yakni yang berbayar dan yang gratis. Apabila Anda ingin beriklan yang gratis, kamu dapat melakukannya melalui penawaran dari perusahaan digital.

Terdapat banyak perusahaan yang menyediakan layanan program iklan gratis di Instagram. Caranya hanya dengan persyaratan yang ditentukan, biasanya Anda diwajibkan untuk memfollow dan mention akun IG mereka. Kemudian Anda akan diminta untuk memberikan informasi yang menarik berkaitan dengan bisnis atau konten yang dikelola.

7. Ubah Menjadi Akun Bisnis

Dengan mengubah akun Instagram online shop Anda dari akun pribadi menjadi akun bisnis, ini akan membuat bisnis Anda terlihat lebih efektif dan juga lebih terlihat profesional serta mudah dikelola.

Cara mengubah ke akun bisnis yaitu sebagai berikut:

a. Tekan tombol "Settings" yang terdapat pada sebelah kanan profil Anda.
b. Pilihlah menu "Account".
c. Pilih menu "Switch to Business Account" yang terdapat di bagian bawah.
d. Kemudian Anda akan dibawa ke halaman "Describes You". Disitu ada dua pilihan yakni "Creator" untuk public figure ataupun influencers dan "Business" untuk akun bisnis.
e. Pilihlah yang "Business".
f. Selesai. Akun Anda telah berubah menjadi akun bisnis.

8. Posting Review Produk Anda dari Pembeli

Cara promosi yang terakhir adalah dengan memposting review atau testimoni produk yang dibeli customer Anda. Apabila Anda memberikan produk dengan kualitas baik dan juga pelayanan yang baik, maka Anda akan mendapatkan feedback yang positif. 

Pastikan Anda mengutamakan kepuasan konsumen. Karena jika konsumen merasa puas, maka ada kemungkinan mereka akan membagikan cerita pengalamannya membeli pada online shop Anda ke calon pembeli lain. Bahkan mereka juga akan merekomendasikan online shop Anda ke orang lain.

Biasanya transaksi online shop dilakukan melalui aplikasi DM Instagram, WhatsApp, atau Line. Apabila ada konsumen yang mengirimkan testimoni berkaitan dengan produk yang mereka beli, maka Anda dapat menscreenshot percakapan tersebut lalu postinglah di Instagram Story atau feed Instagram akun Anda. 

Melalui testimoni ini dapat meningkatkan kepercayaan orang lain dan menarik minat mereka untuk berbelanja di online shop Anda. 

Itulah 8 cara promosi di Instagram gratis. Kamu dapat menggunakan cara tersebut supaya promosi Anda lebih efektif dan berhasil. Selamat mencoba.

Post a Comment for "8 Cara Promosi di Instagram, Mudah dan Efisien"