Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Promosi Produk di Grup WA yang Efektif dan Meyakinkan

Cara Promosi Produk di Grup WA yang Efektif dan Meyakinkan

Cara Promosi Produk di Grup WA yang Efektif dan Meyakinkan

Penelusuran terkait

#contoh promosi di whatsapp#cara promosi grup wa#status wa untuk jualan#kalimat menawarkan produk lewat wa#strategi pemasaran melalui whatsapp#contoh iklan di whatsapp#cara beriklan di whatsapp#promosi grup wa di google

Apakah Anda menggunakan Whatsapp sebagai media komunikasi utama dengan teman dan orang-orang terdekat? Popularitas aplikasi satu ini memang sulit diingkari. Tercatat ia sudah digunakan oleh puluhan juta orang di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Whatsapp menjadi aplikasi komunikasi yang paling banyak digunakan.

Oleh karena itu, tidak heran jika ada banyak penjual mempromosikan dagangan mereka melalui whatsapp. Meskipun desain aplikasi ini cenderung sangat personal dan privat, nampaknya whatsapp kurang maksimal jika digunakan sebagai media jual beli. Namun dengan beberapa strategi, Whatsapp bisa menjelma menjadi aplikasi yang sangat berpotensi untuk meningkatkan jumlah penjualan.

Tips Sukses Jualan Melalui Grup Whatsapp

Contoh kata-kata promosi lewat Whatsapp sebenarnya tidak berbeda dengan promosi di platform-platform lain, seperti Facebook atau Instagram. Promosi sendiri bisa dilakukan melalui dua cara, memasang gambar di Whatsapp story atau memasarkan melalui grup whatsapp.

Keduanya sama-sama membutuhkan teknik khusus supaya promosi bisa efektif dan nantinya mendatangkan pembeli. Teknik inilah yang akan kita pelajari pada kesempatan kali ini. Berikut ulasannya:

1. Gunakan Wa business

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai berjualan di grup Whatsapp adalah merubah tipe Whatsapp massanger (umum) menjadi Whatsapp bussines (khusus). Tipe Whatsaap bussines merupakan produk asli whatsapp yang tersedia khusus bagi para pelaku bisnis, baik itu penjualan barang, jasa dll.

Sesuai dengan namanya, whatsapp ini juga mempunyai beberapa fitur istimewa seperti pengaturan nama akun, penjadwalan tayangan, membalas pesan otomatis, fitur pengelompokan kontak customer dan lain-lain.  Di sisi lain, penggunaan Whatsapp bisnis juga menunjukkan diri Anda sebagai penjual yang tidak amatiran.

2. Menyimpan kontak tak terbatas melalui email

Poin ini mungkin lebih bersifat tindak lanjut dari langkah pertama, ketika Anda membuat grup Whatsapp, Anda perlu menyimpan kontak dari semua anggota grup tersebut. Fungsinya adalah menjaga koneksi penjual dengan pembelinya, agar mereka tidak terlupakan begitu saja.

Selain itu, jika Anda juga menerapkan cara beriklan di Whatsapp melalui fitur story, kontak yang Anda simpan tersebut bisa melihat story Anda. Jadi ketika mereka masih belum sempat membuka grup jual beli Anda, mereka bisa melihat postingan produk Anda melalui status yang Anda buat.

3. Memaksimalkan WA story

Meskipun Anda fokus melakukan promosi melalui grup Whatsapp, pengiklanan produk juga perlu didukung dengan Whatsapp story. Pasalnya, Whatsapp story sendiri bisa menjadi media bagi Anda untuk mengajak lebih banyak orang bergabung dalam grup. Caranya ialah dengan membagikan link grup tersebut sehingga yang berminat tinggal meng-klik link tersebut untuk masuk.

4. Gunakan pesan otomatis

Jika Anda menggunakan jenis Whatsapp bussines, mengaktifkan layanan pesan otomatis bisa dilakukan, Fungsinya untuk mengirimkan balasan otomatis kepada siapapun yang mengirimkan pesan kepada Anda meskipun posisi Anda sedang tidak stay di depan smartphone.

Layanan ini akan sangat membantu Anda dalam merespon pembeli. Anda bisa mengatur sendiri isi pesan otomatis ini sesuai dengan kultur pelayanan Anda. Tidak jarang, terjadi momen dimana pembeli tidak jadi berbelanja online hanya karena penjualnya sulit dihubungi. Kini permasalahan tersebut tidak akan menimpa Anda. 

5. Bedakan grup customer dan grup reseller

Beberapa dari Anda mungkin sudah mempunyai reseller atau penjual yang mengambil produknya dari Anda. Jika ada, baiknya Anda membuat grup tersendiri untuk reseller dan grup lain untuk para pelanggan. Tujuannya adalah memudahkan komunikasi supaya lebih fokus dan tidak menyebabkan kesalahpahaman.

Di grup reseller, Anda bisa lebih leluasa menyampaikan jumlah stok, produk baru, perkembangan produksi dan lain sebagainya. Adapun di grup customer, Anda leluasa untuk membagikan promo, bonus, potongan harga, dan lain sebagainya.

6. Tawarkan promo secara pribadi

Sebagaimana sudah disinggung diatas, Whatsapp merupakan aplikasi yang lebih bersifat personal dibandingkan media sosial lainnya. Keuntungannya bagi Anda adalah bisa mengirimkan promo ke setiap kontak secara pribadi. Salah satu fitur layanan Whatsapp bussines memungkinkan Anda mengirimkan pesan kepada ratusan orang dalam satu waktu.

7. Membuat caption yang menarik

Status wa untuk jualan harus menarik dan memancing rasa penasaran pembaca. Teknik menyusun kalimat caption sangat banyak ragamnya, mulai dari memaparkan sebuah kasus, memanfaatkan ketakutan pembaca, mengunggulkan kelebihan produk, hingga menawarkan potongan harga.  

8. Koneksikan Whatsapp dengan platform lain

Whatsapp bussines memungkinkan Anda mengkoneksikan Whatsapp dengan platform medsos yang lain, yakni Facebook. Caranya dengan mengubah fitur pengaturan pada Whatsapp sehingga setiap story yang Anda buat di Whatsapp juga terposting di Facebook secara otomatis.

Melalui fitur ini juga Anda menjadi lebih mudah mengajak teman-teman Facebook untuk bergabung dalam grup jual beli di Whatsapp Anda. Tentu hal ini sangat menguntungkan, bukan?

9. Buka layanan konsultasi

Seringkali pembeli merasa bingung ketika melakukan transaksi jual beli melalui media sosial. Entah itu terkait memilih produk, prosedur transaksi atau memutuskan apakah jadi membeli atau tidak. Untuk menghadapi hal ini, sebagai penjual Anda bisa menawarkan konsultasi sederhana, misalnya bertanya ‘apa yang menyebabkan ibu masih belum yakin untuk membeli produk ini?’ dll.

Layanan konsultasi yang ramah dan tulus (tidak nampak dipaksakan) akan membuat pembeli menjadi nyaman dan tidak merasa sedang ditunggu. Secara tidak langsung, pelayanan ini menjadikan mereka semakin mantap dalam membeli produk Anda.

10. buat giveaway

Giveaway juga tak kalah mengasyikkan jika dilakukan dalam sebuah Whatsapp grup. Momen ini adalah salah satu upaya merekatkan hubungan masing-masing customer dan penjual dengan customer, Syaratnya bisa dengan menjualkan satu produk atau menyebarkan link grup tersebut ke 10 kontak teman di Whatsapp mereka.

11. buat promo

Pada akhir bulan atau akhir tahun, tak ada salahnya membuat promo untuk memanjakan para customer maupun reseller. Promo ini bisa bertema cuci gudang, bonus penjualan atau istilah-istilah lain yang menarik. Dijamin event ini akan membuat mereka semakin semangat untuk bekerjasama atau membeli pada Anda.

Selain melalui Whatsapp grup secara publik, promo ini juga bisa dilakukan secara personal kepada masing-masing anggota grup. Ini berlaku jika stok promo yang Anda jual melimpah dan dalam rangka menambah jumlah customer. Menghubungi mereka secara pribadi akan membuat mereka lebih dekat dengan Anda. 

12. menyambung komunikasi dengan konsumen

cara promosi produk di grup Whatsapp yang terakhir yakni menyambung komunikasi secara konsisten dengan customer. Tidak perlu terlalu sering menghubungi mereka, cukup minimal dua minggu sekali untuk menanyakan kabar mereka dan menawarkan produk yang Anda jual.

Jika customer secara eksplisit sudah meminta kepada Anda untuk tidak lagi mengirimi mereka pesan, maka Anda tidak perlu lagi menghubungi mereka agar Anda nampak professional.

Demikian 12 tips dan cara promosi produk di grup Whatsapp yang menarik dan meyakinkan customer untuk membeli kepada Anda. Keterbatasan publikasi di media Whatsapp seharusnya tidak menjadikan alasan bagi penjual untuk tidak memaksimalkan penjualan di aplikasi tersebut.

Post a Comment for "Cara Promosi Produk di Grup WA yang Efektif dan Meyakinkan"