Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

13 Cara Berbisnis Skincare di Instagram dengan Apik

13-cara-berbisnis-skincare-di-instagram
Meujampu.com
Artikel ini : membahas tentang cara berbisnis skincare di istagram dengan apik

Penelusuran terkait

#cara jualan di instagram untuk pemula#jualan di instagram sepi#cara agar jualan di instagram laku keras#aplikasi untuk jualan di instagram#cara kerja bisnis online di instagram#cara jualan di ig story#instagram bisnis#kelas market untuk penjualan di instagram berada di rentang

Cara Berbisnis Skincare di Instagram dengan Apik

Instagram menjadi salah satu platform pilihan terbaik yang kini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk berbisnis. Pebisnis kosmetik atau perawatan kulit misalnya, mereka lebih mudah menjangkau target pasar melalui platform tersebut. Namun sebagai Anda pun harus mengerti cara berbisnis skincare di Instagram.

Cara Berbisnis Skincare

Berbisnis dengan memanfaatkan media sosial kini dianggap menjadi alternatif penjualan paling efektif. Pasalnya banyak orang yang kini menjadi pengguna media sosial mainstream tersebut. Maka tidak sah rasanya jika seseorang menjalankan bisnis tanpa memanfaatkan media tersebut. Akan tetapi bisnis di IG pun memerlukan strategi tertentu agar tujuan tercapai dengan tepat.

Bagaimana Cara Berbisnis Skincare di Instagram?

1. Analisis Pasar dan Menyiapkan Brand

Langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah mengenai kesiapan produk hingga brand yang dipilih. Pastikan Anda telah memilih jenis produk perawatan kulit sesuai dengan yang diminati, atau sesuai dengan sasaran konsumen yang telah ditentukan sebelumnya.

Analisis pasar ini membantu Anda untuk menentukan kluster pengguna IG yang berpotensi membeli produk skincare tersebut. Dengan begini Anda pun lebih menyaring pengguna media sosial dan tidak asal mengikuti.

Misalnya hanya menyasar user IG wanita kalangan remaja hingga dewasa. Selanjutnya memilih brand kosmetik atau skincare terpercaya yang banyak diinginkan oleh konsumen.

2. Menyiapkan dan Membuat Akun Bisnis

Setelah itu Anda bisa memikirkan untuk mulai menggunakan IG sebagai platform bisnis. Sebelumnya siapkanlah nama akun yang cocok, unik, atau catchy dengan bisnis Anda.

Ini juga dapat mempengaruhi citra, terlebih lagi berharap pengguna dapat mengingat dengan mudah akun bisnis. Apalagi jika konsumen ingin berlangganan, maka mereka dapat dengan mudah menemukan akun resmi skincare Anda.

Cara berbisnis skincare di Instagram sebetulnya cukup mudah, semudah ketika Anda ingin membuat akun IG bisnis yang dapat dilakukan secara gratis. Untuk melakukan registrasi atau pendaftaran, Anda dapat menyiapkan email bisnis dan password khusus.

3. Manfaatkan Jasa Kreatif/Content Creator

Agar dapat memanfaatkan platform dengan maksimal untuk kepentingan bisnis, maka perlu pengelolaan yang baik. Mengelola akun personal dengan akun bisnis memang berbeda. Anda bisa memanfaatkan jasa kreatif atau content creator yang ahli membuat konten produk menarik. Atau bisa mengandalkan kemampuan diri agar lebih menghemat pengeluaran.

4. Belajar Menciptakan Konten Produk

Jika Anda merasa belum percaya diri dengan kemampuan mengelola media sosial bisnis, maka skill tersebut bisa diasah dengan cara belajar dan menambah pengalaman. Menciptakan konten produk yang menarik, memang beragam dan sangat detail. Misalnya membuat foto produk, desain, dilengkapi caption atau kata-kata promosi.

Untuk menarik pengguna mengunjungi lapak, buatlah akun Anda lebih interaktif dengan para pengikut atau calon konsumen. Lebih aktif beriklan dan membuat feed menarik juga bisa memberikan persuasi yang bagus.

5. Buat Lebih Informatif

Cara berbisnis skincare di Instagram yang baik juga bisa disiasati dengan memberikan informasi lengkap mengenai produk yang dijual. Promosi memang harus dilakukan secara maksimal, dan melalui informasi produk, calon pembeli menjadi lebih mudah menentukan pembelian mereka.

Membuat iklan yang informatif tidaklah susah, karena biasanya pemilik sudah memahami mengenai keunggulan, komposisi, hingga cara pemakaian produk. Sertai pula bagaimana caranya pengguna melakukan pembelian, dan jika perlu cantumkan harga produk agar pembeli tidak penasaran dan dapat langsung membeli.

6. Menentukan Target Jualan

Penjualan di media sosial cenderung tidak bisa diprediksi berapa kemungkinan keuntungan yang bisa didapat setiap bulannya. Tentu jika promosi bisnis di IG tidak dilakukan dengan tepat. Maka agar tujuan lebih tertuju, Anda perlu menentukan target jualan.

Hal tersebut pun dilakukan agar promosi yang dilakukan tidak asal-asalan. Maka Anda sebagai pebisnis dapat menentukan target penjualan harus laku berapa pcs produk, baik per haru atau setiap bulannya.

7. Bangun Event Menarik

Yang diinginkan setiap pemilik mengenai produk perawatan kulitnya adalah laris digunakan di pasaran dan memiliki banyak konsumen setia. Maka selain menarik pembeli baru, Anda pun perlu mempertahankan kepuasan konsumen agar selalu menggunakan produk tersebut.

Dan sebagai cara berbisnis skincare di Instagram, sebetulnya terdapat strategi yang bisa dipakai sebagai ikhtiar membuat pembeli mempertahankan kepercayaannya pada skincare pilihan tersebut. Diantaranya bisa dengan mengadakan berbagai event menarik serta memberikan keuntungan untuk pembeli.

Misalnya Anda mengadakan give away seperti kuis berhadiah kepada para followers IG bisnis skincare tersebut. Contoh idenya adalah dengan memberikan pertanyaan seputar produk jualan Anda. Selain lebih interaktif, hal ini berguna untuk menanamkan pengetahuan seputar produk skincare milik Anda kepada para pengikut.

8. Berikan Diskon dan Promo

Penerapan prinsip memberikan keuntungan untuk mendapatkan keuntungan, sepertinya berlaku pada sektor bisnis saat ini. Jadi, untuk memperoleh kepercayaan dari konsumen dan keuntungan dari mereka, Anda bisa berinvestasi melalui pemberian keuntungan terlebih dahulu terhadap mereka.

Misalnya dengan memberikan diskon dan promo pembelian menarik. Semakin banyak diskon atau promo, biasanya konsumen akan semakin tertarik. Hal tersebut dapat dilakukan ketika Anda ingin membangun branding dan cara berbisnis skincare di Instagram yang baik.

9. Manfaatkan Hashtag dengan Tepat

Untuk mengusahakan lebih banyak konsumen yang membeli produk perawatan kulit, Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur menarik di Instagram. Selain itu ketahui pula istilah teknis yang sering dipakai dalam platform tersebut. Dengan begitu pebisnis dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan.

Salah satunya adalah mengerti cara memperluas iklan atau promosi agar diketahui banyak pengguna. Anda bisa memanfaatkan hashtag dengan tepat, karena percuma jika belum dipahami manfaat dan cara menggunakannya.

10. Memperbanyak Followers

Berikutnya, cara berbisnis skincare di Instagram juga dapat dilakukan dengan memperbanyak followers. Semakin banyak pengguna yang mengikuti akun bisnis Anda, maka ada peluang laris yang bisa membuat produk semakin laris.

11. Endorsement

Jika pendapatan dari produk sudah memungkinkan, Anda juga bisa memanfaatkan endorsement dan menawarkan kerjasama dengan berbagai influencer terpercaya. Maka pasti ada feedback lebih yang timbul ketika iklan produk perawatan kulit Anda ditawarkan oleh influencer.

12. Menawarkan Kepada Orang-Orang Terdekat

Sebelum menawarkan secara luas kepada orang lain, perhatikan pula berbagai detail yang penting. Anda bisa mulai dengan menawarkan produk kepada orang-orang terdekat. Semakin banyak yang menggunakan, maka informasi sangat mungkin menyebar dengan cepat.

13. Mengumpulkan dan Mengunggah Ulasan Konsumen

Yang sering dilakukan oleh pebisnis yang menggunakan IG sebagai media bisnis, adalah menggaet calon pembeli. Agar lebih efektif, Anda bisa mengumpulkan berbagai review menarik dari para konsumen yang telah membeli dan menggunakan produk skincare.

Maka selanjutnya percakapan digital dengan konsumen sebelumnya dapat Anda capture, lalu unggah di akun bisnis. Ulasan tersebut dapat dibagikan melalui story ataupun dijadikan feed.

Begitulah kiat-kiat atau cara berbisnis skincare di Instagram yang lengkap, dan tentunya dapat Anda terapkan saat ini juga.

Post a Comment for "13 Cara Berbisnis Skincare di Instagram dengan Apik"