Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Cara Memulai Usaha Terjemah Dijamin Mudah

7-cara-memulai-usaha-terjemah-dijamin-mudah
Meujampu.com
Artikel ini : membahas tentang 7 cara memulai usaha terjemah dijamin mudah dan sederhana

7 Cara Memulai Usaha Terjemah Dijamin Mudah - Memiliki kemampuan dalam berbahasa asing adalah kelebihan yang luar biasa. Selain bisa memahami video atau percakapan yang menggunakan bahasa tersebut, juga bisa digunakan untuk membuka bisnis terjemah dari nol.
Cara Memulai Usaha
Untuk memulai usaha haruslah merencanakan segala sesuatunya dengan matang. Begitu juga jika ingin memulai usaha terjemah haruslah mengetahui beberapa cara untuk memulainya. Berikut ini 7 cara memulai usaha terjemah yang mudah.

Cara Memulai Usaha Terjemah

1. Mulai dari Freelancer

Memulai usaha terjemah bisa dimulai dengan menawarkan jasa di website atau perusahaan yang membuka lowongan sebagai freelancer penerjemah. Menjadi freelancer penerjemah merupakan salah satu cara memulai usaha terjemah terbilang yang sangat mudah.

Menjadi freelancer di suatu perusahaan atau website tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Bahkan biasanya akan disediakan fasilitas yang dibutuhkan untuk kamu. Seperti laptop dan komputer yang biasanya akan diberikan kepada karyawan sebagai fasilitas untuk bekerja di perusahaan mereka.

Keuntungan memulai usaha terjemah dengan menjadi freelancer adalah kamu bisa bekerjasama dengan banyak perusahaan atau situs online. Jadi kamu bisa mendapatkan gaji dari berbagai perusahaan.

Jika gaji dari satu perusahaan saja kamu bisa mengantongi sebesar 2 jutaan, bayangkan jika kamu memegang lebih dari satu perusahaan. Setiap bulannya kamu bisa menyisakan uangnya untuk modal mengembangkan usaha terjemah.

2. Tentukan Target Pasar

Jenis usaha apapun yang harus dipikirkan adalah target pasar dari usaha yang dijalankan. Target pasar adalah target orang-orang atau perusahaan yang berkemungkinan akan membutuhkan jasa terjemah kamu. Kamu bisa menentukannya berdasarkan usia, profesi atau lainnya.

Hal ini akan berpengaruh pada cara yang akan dipilih untuk melakukan promosi dan kualitas serta harga jasa yang kamu tawarkan.

Harga dan kualitas produk yang dibutuhkan pelajar akan berbeda dengan perusahaan atau pengusaha. Maka dari segi promosi pun akan sangat berbeda antara pengusaha, pelajar atau perusahaan.

3. Perluas Pengetahuan dan Kemampuan

Sebagai penerjemah tentu akan menghadapi berbagai profesi, usia dan lainnya. Maka penting sekali kamu mengetahui berbagai istilah dalam berbagai profesi. Misalnya ketika kamu dibutuhkan oleh dokter, maka kamu juga harus mengetahui beberapa istilah dalam kedokteran. Hal ini demi kelancaran komunikasi dan hasil jasa yang kamu tawarkan.

Selain hal di atas, di bawah ini beberapa kemampuan yang harus kamu miliki sebagai penerjemah profesional.

Kemampuan lebih dari satu bahasa asing

Jika saat ini kamu menyediakan layanan terjemah satu bahasa, misalnya bahasa Inggris ke Indonesia, maka saatnya kamu menambah jasa terjemah bahasa lainnya. Misalnya terjemah Mandarin ke bahasa Indonesia atau Mandarin ke Inggris.

Memiliki dua kemampuan berbahasa asing saja kamu sudah bisa membuka jasa terjemah lebih dari tiga jenis usaha. Maka itu agar usaha terjemah kamu semakin melebar haruslah menambah kemampuan berbahasa asing kamu.

Kemampuan menulis

Sebagai penerjemah tentunya tidak hanya berkomunikasi yang dibutuhkan untuk terjemah, melainkan juga jasa tulis terjemah. Agar jasa kamu bisa digunakan dengan luas haruslah memiliki kemampuan menulis dengan peraturan-peraturan kepenulisan dari bahasa yang digunakan.

Dengan kemampuan berbahasa dan kemampuan kepenulisan yang kamu miliki, usaha kamu bisa melebar menjadi penerjemah essai, jurnal, skripsi, dan lainnya. Satu kali terjemah saja kamu bisa mendapatkan keuntungan dari satu jutaan hingga puluhan juta rupiah.

4. Menentukan Strategi Pemasaran yang Beragam

Usaha kamu tidak akan dikenal orang jika tidak ada kegiatan promosi. Maka promosi adalah kegiatan yang sangat wajib dilakukan oleh suatu usaha. Menentukan strategi pemasaran yang beragam sangatlah wajib untuk kamu lakukan. Di zaman semuanya terhubung dengan media sosial, maka kamu bisa melakukan promosi dengan beragam cara.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial yang terbilang cukup banyak, beberapa media sosial yang banyak penggunanya adalah Facebook, Twitter, Instagram, YouTube dan Tiktok. Lima media sosial tersebut harus benar-benar kamu manfaatkan untuk promosi jasa usaha kamu.

5. Tentukan Nama Perusahaan

Suatu perusahaan akan mudah dikenal dan diingat selain dari promosinya juga dari nama usaha yang unik dan mudah di ingat. Maka itu menentukan nama perusahaan sangatlah penting untuk mengembangkan usaha terjemah yang kamu miliki.

Pilihlah nama perusahaan yang unik, menarik, bagus dan mudah di ingat. Mengenai cara menentukan nama perusahaan yang unik. Kamu bisa mempelajarinya dari artikel cara menentukan nama perusahaan yang unik.

6. Buatlah Lisensi dan Izin Usaha Agensi Penerjemah

Menjalani usaha sangatlah erat dengan perkara hukum, maka sangat penting sekali menghindari usaha kedalam masalah hukum haruslah taat dengan hukum. Salah satu usaha yang taat dengan hukum adalah usaha yang memiiki izin berdiri dan lisensi usaha yang disetujui oleh pejabat daerah.

Utamanya bagi kamu sendiri sebagai penerjemah, harus memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa kamu adalah seorang yang memang menguasai bahasa tersebut dan layak untuk menjadi seorang penerjemah. Sehingga ketika ada konsumen meragukan jasa yang kamu tawarkan kamu bisa memperlihatkan sertifikat yang kamu miliki.

7. Lakukan Pendataan Secara Berkala

Rentan sekali dengan kebangkrutan atau kesalahan dalam keuangan dalam menjalankan suatu usaha agensi penerjemah. Maka penting sekali untuk menyusun laporan keuangan dan menuliskannya dengan tepat dan dapat dipahami. Dengan begitu akan berkurang presentase kebangkrutan perusahaan dikarenakan tidak rapinya laporan keuangan.

Laporan keuangan juga sangat berpengaruh untuk menentukan keputusan selanjutnya sesuai dengan sisa aset yang dimiliki perusahaan.

7 cara memulai usaha terjemah dijamin mudah di atas sangat dianjurkan untuk dilakukan semuanya, demi terus berkembangnya usaha terjemah yang kamu mulai.

Post a Comment for "7 Cara Memulai Usaha Terjemah Dijamin Mudah"