Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Panduan Cara Import Barang Umum dari China Sekarang ini , Wajib Anda Ketahui

cara-import-barang-umum-dari-china
Meujampu.com
Artikel ini : membahas tentang panduan cara import barang umum dari china sekarang ini , wajib anda ketahui

Banyaknya produk-produk menarik dan unik yang ditawarkan oleh China, serta harga jualnya yang cukup murah. Secara tidak langsung membuat banyak orang tertarik untuk membeli berbagai macam barang tersebut, Anda mungkin salah satunya. Namun yang tidak banyak orang ketahui adalah bagaimana import barang umum dari china 2022 secara aman dan nyaman. Jika ini yang jadi permasalahan, ada baiknya jika Anda membaca ulasan berikut ini.

#Cari tahu apa yang ingin Anda beli

Adapun tips pertama dari panduan import barang umum dari china 2022 kali ini adalah mencari tahu produk atau barang apa yang ingin Anda beli untuk diri sendiri atau mungkin untuk dijual kembali sebagai bisnis. Dalam hal ini ada beberapa tips tambahan yang perlu Anda perhatian dengan baik, antara lain :

  1. Beli barang yang benar-benar Anda kuasai dengan baik. Misalnya saja Anda memang memahami dunia komputer, maka tidak ada salahnya jika mencari dan membeli aneka produk komputer.
  2. Sedangkan ketika Anda saat ini sedang berbisnis spare part komputer, ada baiknya jika Anda melakukan import barang dari China, juga tentang aneka spare part komputer.
  3. Dalam membeli barang, sebaiknya beli barang yang sekiranya mudah untuk dijual kembali, atau setidaknya pasti banyak dibeli oleh para konsumen.
  4. Akan lebih baik, jika Anda tidak membeli barang yang sudah banyak dijual di Indonesia. Karena sudah pasti persaingannya akan cukup ketat.

#Dimana Anda akan membeli barang tersebut

Ketika Anda sudah mengetahui, jenis bisnis import barang dari China apa yang akan dijalankan, atau jenis barang apa yang ingin dibeli. Maka berikutnya adalah, mencari tahu dimana Anda akan membeli barang tersebut.

Seperti diketahui bersama, di China sendiri ada beberapa marketplace, yang cukup populer, dan biasanya digunakan untuk mencari aneka macam barang. Anda juga dapat mencari aneka macam barang yang ingin dijadikan bisnis di marketplace tersebut. Adapun marketplace yang dimaksud, antara lain ;

  • Alibaba.com

Alibaba sendiri adalah salah satu marketplace yang jadi rujukan banyak importir barang asal China. Dimana marketplace yang terbesar di China ini, menawarkan berbagai macam produk dari berbagai UKM atau juga distributor yang berasal dari China. Yang menarik adalah saat ini di Alibaba sendiri, ada juga berbagai macam produk dari negara Asia lainnya.

Yang jelas di Alibaba sendiri, Anda hanya dapat membeli produk skala grosir atau bahkan partai besar. Bahkan yang menarik adalah, Anda dapat membuat produk custom, dan sesuai dengan desain sendiri, atau merk sendiri.

  • Alixpress.com

Adapun Alixpress.com ini sendiri adalah salah satu anak perusahaan dari Alibaba group. Dimana barang-barang akan dijual secara retail. Yang artinya ketika belanja di tempat tersebut, Anda dapat membeli barang secara satuan, atau membeli barang dalam skala kecil.

  • Banggood.com

Bagi Anda yang suka berbelanja barang secara online di marketplace China, pasti sudah tahu tentang Banggood.com. Ini adalah salah satu ecommerce asal China yang selalu saja menawarkan berbagai macam produk gadget terbaru, fashion atau juga kosmetik asal China. Apabila Anda ingin memperoleh produk yang dimaksud, tidak ada salahnya jika mengunjungi ecommerce yang satu ini.

  • DHgame.com

Mungkin tidak banyak orang yang mengenal ecommerce yang satu ini, karena dibanding Alibaba, dan yang lainnya, ecommerce yang satu ini terbilang kurang terkenal. Tapi yang menarik adalah, DHgame.com ini mirip seperti aliexpress.com. Hanya yang membedakan adalah, Anda dapat membeli aneka macam barang baik satuan atau skala grosir dengan harga yang lebih bersaing.

  • 1688.com

Masih termasuk salah satu anak perusahan dari Alibaba group. Dimana sebenarnya target pasar dari marketplace yang satu ini adalah dalam negeri China itu sendiri. Di marketplace tersebut, banyak bergabung aneka produsen yang menjual barang dalam skala lokal. Jadi tidak heran, jika bahasa yang digunakan adalah bahasa Mandarin, menggunakan transaksi dengan mata uang China RMB, namun dapat melakukan pengiriman ke luar China.

Yang menarik adalah harga aneka macam produk yang dijual di tempat tersebut cenderung lebih murah, dibanding berbelanja di marketplace lainnya. Ini yang membuat banyak orang yang berasal dari luar China juga berbelanja di marketplace tersebut. Umumnya skema pengiriman yang digunakan adalah menggunakan skema forwarder, seperti ''Kami''.

  • Taobao.com

Apabila Anda perhatikan lebih dalam, desain website dari taobao.com ini lebih mirip seperti ebay. Tapi yang membedakan adalah, bahasa yang digunakan oleh marketplace yang satu ini adalah menggunakan bahasa Mandarin.

#Membeli sedikit atau belanja dalam skala banyak

Dari pembahasan di atas, sedikit banyak, kini sudah paham, tentang produk barang import dari China seperti apa yang sebaiknya Anda beli. Kemudian dimana Anda harus membeli barang-barang tersebut, dan apakah bisa membeli dalam skala sedikit atau skala banyak.

Apabila Anda ingin membeli dalam skala kecil atau sedikit, sebaiknya berbelanja di marketplace yang menawarkan skala kecil, seperti aliexpress, banggood, Dhgate, atau juga fasttech. Tapi ada juga beberapa penjual di Alibaba, juga menyediakan pembelian dalam skala kecil. Dalam hal ini Anda hanya perlu mengeceknya. Untuk metode pengiriman barang seperti ini, Anda dapat menggunakan jasa pengiriman express, yang umum digunakan.

Sebaliknya jika Anda ingin membeli dalam skala besar, atau banyak, tentu Anda sudah tahu tempatnya, mulai dari Alibaba, Dhgate, taobao, 1688.com, dan yang lainnya. Untuk cara import barang dari China ke Indonesia  baik untuk Anda yang sudah mendirikan sebuah perusahan atau bisnis pribadi tidak perlu khawatir, kali ini Anda dapat menyerahkannya pada layanan jasa forwarder, seperti ''Kami''.

#Pengiriman menggunakan skema forwarder

Apabila Anda akan menggunakan forwarder, sebagai jasa import barang dari China seperti misalnya ''Kami''. Maka yang harus Anda lakukan adalah :

  • Apabila Anda sudah mempunyai barang yang akan dibeli, dan sebelumnya Anda sudah bertukar pendapat dengan pihak seller. Maka langkah berikutnya adalah menghubungi pihak forwarder, dan mendiskusikan untuk menggunakan jasa yang dimaksud.
  • Berikutnya beli barang yang Anda inginkan. Kemudian minta pihak seller untuk mengirimkan barang yang Anda beli ke gudang yang dimiliki oleh pihak forwarder di China.
  • Setelah proses pembayaran selesai, dan barang yang Anda beli dikirim ke gudang milik forwarder, maka dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, barang yang Anda beli akan dikemas ulang dan dipersiapkan untuk proses pengiriman ke Indonesia.
  • Dimana biasanya setelah sampai ke Jakarta, akan ada beberapa hal yang akan diurus, seperti bea cukai, pembayaran pajak, izin import dan hal lainnya.
  • Apabila semua prosedur sudah selesai dilakukan, baru barang yang Anda pesan akan dikirim ke alamat rumah Anda.

Yang menarik adalah, saat ini, ada cara yang paling mudah untuk menggunakan jasa forwarder, dalam hal ini ''Kami''. Anda dapat menggunakan Antara Mobile, seperti namanya ini akan jadi aplikasi praktis, untuk memesan forwarder, guna mengambil barang impor yang sudah Anda beli di China.

Tidak hanya itu, fitur yang ditawarkan juga beragam, termasuk layanan tracking barang. Hasilnya Anda dapat berbelanja secara leluasa, aman, nyaman, dan pastinya barang sampai tujuan secara tepat waktu.

Perhatikan cara hitung pajak impor

Salah satu prosedur import barang dari China yang perlu diperhatikan adalah pajak impor. Berikut ini adalah cara menghitung pajak impor yang perlu Anda perhatikan :

  1. Untuk pajak dan bea masuk sendiri, paket dengan harga diatas $3 maka Anda juga akan dikenakan harga di atas $3.
  2. Adapun untuk kategori barang umum,  Anda akan dikenakan tarif sekitar 17.5%. Dihitung dari harga + asuransi + ongkos kirim.
  3. Untuk kategori sepatu, maka pajak yang harus dibayar sekitar 42,5 hingga 50 %. Anda dapat menghitungnya dari harga + asuransi + ongkos kirim.
  4. Untuk kategori tas, maka pajak yang sebaiknya dibayar sekitar 32.5 hingga 40%. Dimana perhitungan tersebut berasal dari harga + asuransi + ongkos kirim.
  5. Untuk jenis textile dan juga baju, maka pajak yang sebaiknya dibayar sekitar 32.5 hingga 45 %. Anda dapat menghitungnya dari harga + asuransi + ongkos kirim.

Adapun panduan perhitungan pajak diatas, adalah skala umum, dan tidak ada spesifikasi khusus untuk biaya pajak asal China, atau juga negara lainnya.

Demikianlah beberapa informasi serta panduan dalam melakukan proses import barang umum dari china 2022 yang perlu Anda ketahui. Tapi yang pasti Anda perlu bekerja sama dengan jasa forwarder yang terpercaya seperti Antara Logistik, untuk memudahkan proses pengiriman barang import itu sendiri.

Post a Comment for "Panduan Cara Import Barang Umum dari China Sekarang ini , Wajib Anda Ketahui"