Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mendapatkan Import Borongan Dari China Lebih Murah

cara-mendapatkan-import-borongan-dari-china
Meujampu.com
Artikel ini : membahas tentang cara mendapatkan import borongan dari china lebih murah

Sudah bukan rahasia lagi apabila barang dari China memiliki harga yang jauh lebih murah dan akan sangat menguntungkan bila kita menjualnya lagi di Indonesia. Fenomena membeli barang import borongan dari China lebih murah untuk dijual kembali ke di tanah air ini menjadi i dan banyak dilakukan oleh pengusaha yang tertarik untuk melakukannya.

Hanya saja, banyak pengusaha muda yang mengalami kesulitan dalam bisnis ini karena minimnya informasi mengenai bagaimana cara import barang dari China. Apabila Anda termasuk salah satu orang yang sedang mengembangkan bisnis import barang dari China, maka Anda sebaiknya menyimak ulasan berikut ini untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis tersebut.

Prosedur Import Barang Dari China

Seperti diketahui bahwa melakukan import borongan dari china lebih murah harganya. Keuntungan yang dapat Anda peroleh bisa mencapai 10 kali lipat apabila Anda melakukan sesuai dengan prosedur yang tepat.

Sebagai seorang importir, Anda harus mempunyai co-partner yang akan bertindak sebagai eksportir. Co-partner Anda ini harus sanggup memenuhi suplai barang yang Anda minta. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika ingin melakukan import barang dari China, diantaranya:

  • Menghubungi dan mencari co-partner di China.
  • Melakukan penandatanganan kontrak untuk penjualan.
  • Issuing bank di China.
  • Memperoleh paket dokumen untuk barang import.
  • Menghubungi shipping agent.
  • Membuat PIB.
  • Menghubungi jasa angkutan atau pengiriman.

Setidaknya itulah beberapa langkah yang harus Anda lakukan ketika Anda ingin melakukan impor barang dan bertindak sebagai importir. Pada tahap akhir Anda harus mencari jasa pengiriman yang akan mengangkut barang Anda dari negara asal.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan, bisa melalui jasa yang disediakan oleh pihak penjual yang artinya Anda harus memastikan barang mulai dari pelabuhan China hingga Indonesia dan mengurus semua dokumen sendiri. Biasanya cara ini digunakan oleh perusahaan skala besar.

Namun, bagi Anda yang baru memulai bisnis dalam jual beli barang impor China, maka ada cara mudah import barang dari China yaitu menggunakan jasa forwarder. Melalui jasa ini Anda tidak perlu lagi pusing dengan masalah dokumen dan lain sebagainya.

Anda cukup mencari toko atau seller yang akan menyediakan barang yang Anda perlukan dan menghubungi pihak jasa pengiriman. Pihak jasa pengiriman yang akan mengurus sisanya untuk Anda sehingga Anda hanya perlu menunggu saja di Indonesia.

Cara Import Barang Dari China Bagi Pemula

Bagi Anda yang masih pemula atua pengusaha dengan skala kecil, maka memilih jasa forwarder saat melakukan import barang tentu akan lebih menguntungkan. Melalui jasa forwarder ini Anda tidak perlu kesulitan dan dipastikan barang tidak akan tertahan di bea cukai karena pihak forwarder yang akan mengurus semuanya.

Perlu Anda ketahui bahwa kendala yang sering dihadapi oleh para importir adalah kendala barang tertahan di bea cukai. Ini karena ada beberapa kelalaian dalam pengurusan dokumen dan sebagainya. Untuk menghindari hal tersebut, maka bagi Anda yang ingin melakukan impor barang dalam skala kecil menengah maka sebaiknya menggunakan jasa forwarder.

Memilih menggunakan jasa import barang dari China sebagai solusi bisnis Anda adalah pilihan tepat. Jasa pengiriman akan bertindak sebagai importir yang memiliki izin resmi sehingga Anda hanya perlu menunggu barang sampai ke tangan Anda dengan selamat.

Semua hal yang berkaitan dengan pengurusan dokumen, bea cukai dan juga PPN akan dipersiapkan oleh pihak jasa import borongan dari China. Namun, agar Anda tidak keliru dalam memilih pihak jasa pengiriman atau forwarder, sebaiknya simak dulu beberapa tips untuk mendapatkan jasa pengiriman yang terpercaya.

Langkah Mudah Memilih Jasa Pengiriman Borongan Dari China

Memilih jasa import barang dari China terpercaya merupakan suatu keharusan bagi Anda yang ingin melakukan import barang dari China. Kredibilitas serta reputasi dari pihak jasa pengiriman harus dipastikan terlebih dulu. Oleh sebab itu, sebaiknya pilih pihak jasa pengiriman yang ternama dan sudah dikenal dengan reputasi yang baik. Beberapa tips ini akan membantu Anda dalam memilih jasa pengiriman barang dari china yang terbaik:

  1. Kenali perusahaan dengan baik. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, sebaiknya pilih jasa pengiriman yang sudah memiliki nama dan reputasi yang baik. Rekam jejak perusahaan sangat penting untuk Anda ketahui agar Anda terhindar dari beberapa kendala nantinya. Kualitas dari perusahaan yang Anda pilih akan sangat menentukan proses pengiriman barang yang Anda lakukan.
  2. Pastikan juga bahwa pihak jasa pengiriman yang Anda pilih memiliki kantor fisik yang dapat Anda kunjungi. Dengan adanya kantor fisik yang dapat didatangi, maka Anda akan dengan mudah melakukan pengecekan apabila ada kendala yang tidak diinginkan terjadi.
  3. Cari tahu terlebih dulu tentang metode pengiriman barang yang dilakukan pihak Cari tahu dengan baik apakah pihak jasa pengiriman memiliki beberapa metode pengiriman barang melalui udara atau laut.  Metode pengiriman ini akan sangat berkaitan erat dengan harga import borongan dari China yang akan dibebankan kepada Anda. Semakin banyak pilihan yang diberikan oleh jasa pengiriman, maka semakin baik karena Anda dapat menyesuaikan dengan keadaan.  Namun saat memilih jalur pengiriman sebaiknya perhatikan juga kondisi barang dan konsultasikan kepada pihak jasa pengiriman karena mereka adalah profesional dalam bidang ini sehingga akan memberikan saran yang terbaik.
  4. Pilih perusahaan yang menyediakan asuransi. Asuransi ini sangat penting untuk diketahui, menambah sedikit biaya sebagai jaminan barang selamat sampai ke tujuan merupakan hal yang sangat tepat.
  5. Pastikan jasa pengiriman berpengalaman dalam pengiriman barang dari china ke Indonesia. Ini karena setiap negara memiliki aturan yang berbeda dalam hal tersebut, memilih perusahaan pengiriman yang sudah berpengalaman dan pernah menangani pengiriman barang dari China tentu akan memberikan jaminan bahwa barang akan sampai ke Indonesia tanpa kendala.
  6. Pastikan perhitungan biaya dilakukan sejak awal. Beberapa perusahaan pengiriman menetapkan tarif murah di awal namun memberlakukan penambahan tarif untuk beberapa hal seperti pajak, dan lain sebagainya. Sebaiknya pilih jasa pengiriman yang sudah menetapkan tarif all in sehingga tidak ada biaya tambahan yang muncul pada saat proses pengiriman.

Ketentuan Import Borongan Dari China

Cara import barang dari China murah adalah dengan memanfaatkan jasa ekspedisi sebagai forwarder. Namun meski demikian ada beberapa syarat dan ketentuan juga yang harus Anda penuhi sebagai pengguna jasa. Menggunakan jasa ekspedisi terpercaya akan menekan banyak biaya yang kemungkinan dikeluarkan saat pengiriman asalkan Anda memilih jasa yang tepat dengan tarif all-in.

Menggunakan jasa pengiriman selain lebih murah juga lebih mudah karena Anda tidak perlu mengurus dokumen apapun. Namun demikian, ada beberapa hal yang harus Anda pastikan dengan pihak ekspedisi juga. Pastikan pihak ekspedisi memenuhi syarat berikut ini:

  1. Jasa ekspedisi sudah all in termasuk loading, freight kapal dan juga stuffing, dokumen untuk ekspor, asuransi untuk kapal, bea masuk, PPN serta PPh).
  2. Menyertakan marking code untuk semua jenis pengiriman baik via laut maupun udara.
  3. Harga yang diberikan oleh pihak jasa ekspedisi sudah termasuk dengan biaya asuransi.
  4. Adanya packing peti kayu atau lainnya disesuaikan dengan jenis barang yang dikirim.

Sebagai pengguna jasa, Anda juga harus memastikan bahwa barang yang Anda kirim tidak melanggar aturan pemerintah. Anda juga harus jujur kepada pihak jasa pengiriman tentang kondisi barang yang akan dikirim. Persiapkan juga beberapa kemungkinan jika Anda harus mengeluarkan biaya tambahan karena barang terkena bea cukai atau perlu adanya fork lift karena barang yang Anda kirim terlalu berat.

Pada dasarnya, melakukan pengiriman barang dari China ke Indonesia tidak sulit asalkan Anda menemukan cara yang mudah dan murah. beberapa orang kesulitan karena belum menemukan jasa pengiriman yang sesuai. Menggunakan jasa pengiriman barang yang sesuai tentu akan memudahkan Anda.

Anda hanya perlu duduk manis menunggu barang sampai ke Indonesia. tugas utama yang perlu anda lakukan adalah memastikan bahwa barang yang Anda beli dalam keadaan baik dan juga Anda menggunakan jasa forwarder terpercaya. Menggunakan jasa forwarder akan mengurangi lebih dari setengah pekerjaan dan beban Anda dalam pengiriman barang dari China.

Sebagai konsumen yang cerdas, Anda juga tidak boleh tergiur dengan tawaran import borongan dari China lebih murah namun kualitas perusahaan masih dipertanyakan. Sebaiknya pilih yang benar-benar terbaik dan berkualitas guna menjaga keamanan barang sampai ke tangan Anda.

Post a Comment for "Cara Mendapatkan Import Borongan Dari China Lebih Murah"