Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Import Mesin Dari China 2022 Untuk Dijual Kembali

import-mesin-dari-china
Meujampu.com
Artikel ini : membahas tentang tips import mesin dari china 2022 untuk dijual kembali

Mungkin kamu sudah pernah mendengar atau membaca sebuah informasi yang berkaitan dengan import mesin dari China 2022 yang mana bisa dimanfaatkan untuk mendirikan sebuah bisnis. Barang yang berasal dari China memang sudah banyak dikenal oleh orang mempunyai harga yang murah dan dapat dijual  kembali dengan harga yang cukup tinggi.

Biasanya harga beli dan juga harga jual bisa sampai 5 kali lipatnya, yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya untuk melakukan import mesin dari China tersebut. Kali ini kita akan membahas cara mudah untuk melakukan import mesin dari negara tirai bambu tersebut.

Tips Melakukan Import Barang dari China

Saat kamu ingin mulai melakukan bisnis import mesin dari China 2022 dan ingin dijual kembali di Indonesia, maka bisa melakukannya seperti yang ada di bawah ini :

1. Melalui Jalur Pribadi

Jika memilih jalur pribadi ini kamu harus langsung terbang ke China dengan status sebagai wisatawan. Setelah sampai di sana kamu bisa mengunjungi beberapa toko yang sudah menjadi tujuan untuk membeli produk yang kamu inginkan.

Kelebihan yang bisa di dapatkan ketika kamu menggunakan cara yang satu ini adalah bisa mendapatkan jumlah produk yang cukup banyak, memiliki harga murah dan kamu tidak akan terlalu diributkan dengan tata cara impor karena nantinya proses seluruhnya akan dilakukan oleh pihak sellernya.

Nantinya kamu bisa berkomunikasi dengan mereka kembali dengan memanfaatkan jaringan internet maupun telepon ketika akan membeli barang yang mereka miliki kembali, sehingga kamu tidak harus terbang ke China lagi.

2. Lewat Jalur Pelabuhan

Ketika kamu ingin menggunakan jalur ini sama dengan importir pada umumnya yang mana harus datang langsung ke China untuk bertemu pihak seller dan melakukan kesepakatan harga, produk dan lain sebagainya. Importir akan bertanggung jawab secara penuh baik itu dari pengiriman dari pelabuhan di China hingga tiba di pelabuhan Indonesia.

Bahkan kamu juga harus mengawasi pembongkaran, pengiriman ke gudang sampai nantinya bisa ke tangan para konsumen. Kelebihan dari jalur pelabuhan ini adalah, kamu bisa melakukan import China dengan jumlah yang besar.

Biasanya yang sering memanfaatkan jalur ini adalah berbagai perusahaan yang sudah besar karena memang harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal. Selain itu nantinya masih ada prosedur ekspor – impor yang tidak bisa dikatakan mudah, banyak surat yang harus ditandatangani dan urusan bea cukai.

3. Menggunakan Jalur Pariwisata

Masih banyak orang yang tidak tahu dengan jalur yang satu ini, kamu nantinya dapat pergi dengan agen pariwisata tertentu yang akan mengantarkan kamu ke China. Agen tersebut akan mengajak kamu ke suatu tempat untuk supaya dapat membeli produk yang berasal dari China.

Manfaatkan hak tersebut untuk melakukan import barang dari China, kamu bisa membeli berbagai produk yang diinginkan. Nantinya, kamu akan pulang ke Indonesia dengan menggunakan izin pariwisata tetapi masih bisa mendapatkan produk yang diinginkan.

Cara ini juga tidak membutuhkan jasa import China dan bisa terbebas dari permasalahan ekspor – impor yang cukup rumit dan bisa mendapatkan berbagai produk dengan harga yang cukup miring karena kamu memang membelinya secara langsung. Bukan hanya itu saja cara ini juga hanya memiliki waktu singkat karena pastinya akan dibatasi oleh agen pariwara dan pastinya lebih tidak leluasa.

4. Memakai Jalur Online

Saat ini melakukan import barang bisa dilakukan dengan sangat mudah misalnya saja dengan menggunakan jasa import mesin dari China seperti Antaralogistic.com yang akan membantu kamu dalam melakukan import barang dari China, Taiwan, Korea dll, sehingga nantinya kamu juga tidak akan dipersulit dengan prosedur impor karena pihak Antara yang akan mengurusnya hingga sampai ke tangan.

Selain itu Antara Logistik juga bisa membantu kamu dengan melakukan pembelian barang import dari China dengan  memanfaatkan sistem mobile yang mereka miliki dengan cara melakukan Download di Google Play Store. Nantinya kamu bisa berbelanja di toko pada aplikasi tersebut.

Proses pengiriman hingga barang datang akan dilakukan pihak Antara dan juga seller, sehingga kamu hanya harus melakukan pembayaran dan menunggu barang datang saja. Kelebihan dengan menggunakan sistem online ini adalah lebih mudah dalam melakukan transaksi selayaknya kamu membeli barang di marketplace atau toko online.

''Hal – hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Import Barang''

Setiap negara akan memiliki peraturan yang berbeda-beda untuk berbagai barang yang masuk. Kegiatan impor yang akan dilakukan oleh siapapun harus memenuhi berbagai prosedur yang sudah berlaku. Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan untuk import barang dari luar negeri ke dalam negeri, berikut ini adalah ulasan lengkapnya :

#Menentukan Barang yang diImpor dan Negara Asalnya

Sebelum melakukan import penting untuk mengenali apa itu HS Code sebuah kodifikasi untuk berbagai barang impor yang sudah tercantum dalam Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI) tahun 2012. Jika ingin menentukan HS Code ini masih ada beberapa cara yang harus dilakukan, yaitu :

  • Menghitung biaya masuk, PPN dan juga PPH.
  • Menghindari permasalahan pengeluaran barang pada kantor bea cukai
  • Berbagai aspek-aspek yang berkaitan dengan impor barang bisa diurus sebelum adanya kegiatan impor tersebut.

#Tentukan Cara Penyerahan Terhadap Barang Impor Tersebut

Pada bagian ini masih ada banyak tugas beserta tanggung jawab yang harus dilakukan oleh para importir, ketika akan melakukan pengurusan barang import Berkaitan dengan hal ini bisa melakukan negosiasi dengan seller. Harus selalu di ingat akan ada beberapa hal yang mana biaya beserta resikonya akan ditanggung oleh pihak importir.

Misalnya, ketika kamu membeli barang dari China, seorang importir memiliki kewajiban untuk mengurus barang tersebut dari ketika barang itu akan dimuat pada kapal yang ada di pelabuhan China. Selanjutnya masih harus melakukan pengurusan, pengangkutan, PPN dan PPH, biaya bea masuk, pengeluaran barang dari pembongkaran di pelabuhan sampai pengantaran barang tersebut ke lokasi importir.

#Menentukan Cara Pembayaran untuk Impor

Pembayaran import ini bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai cara Non – LC, yaitu :

  • Open Account
  • Cash in Advance Payment
  • Documentary Collection

Bisa juga menggunakan Documentary Credit – LC :

  • Red Clause
  • Usance
  • Sight LC

#Melakukan Pengurusan Perjanjian Import

Perjanjian dalam import ini akan dibagi menjadi dua, yaitu perjanjian secara khusus dan juga perjanjian pokok. Perjanjian pokok ini masih akan terdiri dari :

  • NIK (Nomor Induk Kepabeanan)
  • Legalitas yang dimiliki oleh perusahaan seperti PT atau CV.
  • Angka Pengenal Impor ( API ), yaitu API – P maupun API – U.

Selain itu, adapun sebuah perjanjian khusus yang berkaitan dengan berbagai jenis barang impor tertentu. Misalkan, seperti melakukan impor buah-buahan nantinya pihak importir harus sudah mempunyai izin IP Hortikultura atau Importir Produsen, bisa juga IT Hortikultura atau importir yang sudah terdaftar.

#Menentukan Pihak Transporter atau Freight Forwarder

Importir harus bisa dengan tepat untuk memilih siapa pihak transporter yang melakukan pengurusan barang impor tersebut. Apa saja nantinya yang akan menjadi tanggung jawab importir yang sudah diberikan kepada transporter akan bergantung dari kesepakatan yang sudah dilakukan sejak awal.

#Menentukan Jadwal Pengiriman Barang

Jadwal pengiriman barang ini merupakan bagian yang cukup krusial, importir harus memahami berapa lama barang tersebut akan datang. Mulai dari barang dalam perjalanan ke pelabuhan seller hingga ke pelabuhan tujuan, membutuhkan berapa lama pemrosesan di kantor Bea Cukai hingga sampai di tangan importir.

Jangan sampai nantinya barang impor yang akan dibutuhkan tersebut belum sampai karena beberapa faktor atau masih menunggu untuk diproses oleh pihak Bea Cukai. Pastinya sangat penting sekali untuk memilih transporter yang memiliki kualitas baik dan jadwal pengiriman yang jelas dan tepat waktu.

#Menjalankan Kegiatan Pengiriman

Jika ingin import mesin dari China 2022, kegiatan pengiriman barang tersebut akan diberikan kepada transporter yang sebelumnya sudah ditunjuk oleh importir. Pelaksanaannya dipengaruhi oleh dari segi transaksi yang sebelumnya disepakati oleh seller dan buyer. Kegiatan importasi barang ini akan meliputi :

  • Mengurus pengangkut barang
  • Melakukan pengurusan pengambilan dokumen untuk barang impor
  • Melakukan Custom Clearance Process
  • Melaksanakan importasi barang ke gudang maupun tempat importir.

Post a Comment for "Tips Import Mesin Dari China 2022 Untuk Dijual Kembali"