Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Jenis Pesawat Kargo dan Persyaratan Dokumen Pengiriman

jenis-pesawat-kargo-dan-persyaratan-dokumen-pengiriman
Meujampu.com
Artikel ini : membahas tentang mengenal jenis pesawat kargo dan persyaratan dokumen pengiriman

Pesawat kargo termasuk salah pesawat yang sering digunakan dalam transportasi udara khususnya pengiriman kargo, transportasi udara mempunyai fungsi serta jenis yang beragam, tidak hanya digunakan untuk keperluan komersial tetapi juga digunakan untuk keperluan non komersial, Anda bisa mengetahui mana pesawat komersial atau non komersial salah satunya dengan melihat desain pesawatnya.

Jenis-Jenis Pesawat Kargo

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan pesawat kargo? pesawat kargo adalah salah satu jenis pesawat yang digunakan untuk mengangkut barang atau mengangkut komoditas lain, karena mengangkut barang atau komoditas tentu saja pesawat jenis ini tidak diperkenankan membawa penumpang, seperti yang terjadi di masa pandemi beberapa waktu belakangan ini, tidak sedikit maskapai yang memanfaatkan pesawat untuk mengangkut barang.

Selama masa pandemi tuntutan akan penggunaan pesawat kargo barang menjadi lebih besar daripada permintaan angkutan udara, lewat perkembangan tersebut Kementerian Perhubungan kemudian mengeluarkan aturan mengenai pelaksanaan membawa barang kargo dengan memanfaatkan pesawat penumpang, karena pesawat penumpang tidak didesain khusus untuk membawa kargo sehingga diperlukan aturan lebih detil agar keselamatan penerbangan tetap terjaga.

Namun tahukah Anda jenis pesawat kargo yang difungsikan untuk mengangkut barang? Beberapa diantaranya bahkan mempunyai bentuk yang unik dan memiliki ukuran yang lebih besar dari kebanyakan pesawat komersial lain.

#Boeing 747 Dreamlifter

Sudah pernah mendengar jenis pesawat yang satu ini? Pesawat yang mempunyai panjang kurang lebih 71 meter ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2006, pesawat Dreamlifter pertama meluncur di hanggar Bandara Internasional Taoyuan, Boeing 747 Dreamlifter mempunyai berat kosong mencapai 180 ton  dengan daya beban maksimal mencapai 364 ton.

#Lockheed C-5 Galaxy

Pesawat Lockheed C-5 Galaxy digunakan khususnya untuk keperluan di bidang militer angkatan udara AS, memiliki panjang 75 meter dengan kecepatan maksimum 855 km per jam, tidak heran jika C-5 mampu mengangkut tank militer, selain digunakan oleh angkatan udara AS Lockheed C-5 Galaxy juga digunakan untuk mendukung bantuan kemanusiaan atau bencana.

#Airbus A300-600ST

Pesawat kargo selanjutnya adalah Airbus A300-600ST dari pabrikan konsorsium Eropa Airbus, banyak yang menyebut airbus ini dengan sebutan Beluga mengingat bentuknya mirip seperti ikan paus Beluga, bentuk seperti ikan Beluga dengan tambahan ornamen mata dan senyuman cukup membuat banyak orang jatuh hati, maka dari itu kebanyakan menyebut pesawat kargo ini sebagai Airbus Beluga XL.

Airbus Beluga mampu terbang dengan kecepatan 737 km/jam serta mampu mengangkut beban mencapai 50 tahun, pesawat kargo Beluga biasanya digunakan untuk membantu mengangkut komponen pesawat Airbus yang tengah diproduksi di sejumlah negara Eropa.

#Antonov AN-124 Ruslan

Saat ini jenis pesawat Antonov AN-124 merupakan salah satu jenis pesawat kargo terbesar di dunia, pesawat angkut militer dikenalkan pada tahun 1986 ini masih beroperasi dan digunakan oleh Russian Air Force, panjang Antonov AN-124 yaitu 68,96 meter dengan kecepatan maksimalnya 865 km/jam, AN-124 Ruslan telah mengantarkan muatan ke seluruh penjuru dunia termasuk ke Indonesia.

Penerbangan Khusus Kargo

Lantas bagaimana pesawat kargo di indonesia? Angkutan udara kargo memang banyak dipilih untuk mengirimkan barang dengan waktu yang lebih cepat, Anda bisa melakukan pengiriman kargo udara ke berbagai daerah selama daerah yang dituju mempunyai lapangan udara.

Di Indonesia sendiri ada beberapa maskapai penerbangan yang menawarkan layanan kargo untuk mengirim barang dengan cepat dan aman, namun untuk mengirim barang melalui pesawat kargo indonesia terdapat ketentuan yang harus dipenuhi, jadi Anda perlu mengetahui jenis komoditas yang ingin dikirimkan; durasi perjalan serta biaya yang dibutuhkan, barang yang dianggap beresiko seperti bahan kimia; barang yang mudah terbakar dan rusak tidak bisa diangkut menggunakan kargo udara.

Dokumen Pengiriman Barang

Sebelum mengirimkan barang baik antar kota di dalam negeri atau antar negara Anda perlu melengkapi dokumen pengiriman terlebih dahulu, tidak hanya mengirim melalui kargo udara saja tetapi mengirim melalui laut dan darat juga perlu adanya dokumen, semua jenis barang kiriman untuk keperluan dagang atau tidak diperdagangkan tetap masuk dalam kategori kargo.

Seperti yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya jika pandemi Covid-19 telah mempengaruhi bisnis maskapai penerbangan, tuntutan angkutan barang mengalami peningkatan sehingga membuat maskapai penerbangan perlu menyesuaikan format pesawat terbang yang dipakai untuk membawa lebih banyak barang, pesawat kargo mempunyai cakupan lebih luas dan bisa mengangkut lebih banyak banyak muatan, penerbangan yang khusus digunakan untuk mengangkut barang kargo paket saja disebut sebagai cargo aircraft, namun jika Anda ingin mengirimkan barang tanpa perlu bingung prosesnya maka bisa memilih menggunakan freight forwarder.

Untuk Anda yang berencana mengirimkan barang via kargo terlebih dahulu siapkan dokumen seperti SMU atau AWB, untuk pengiriman domestik bisa menggunakan dokumen SMU atau Surat Muatan Udara, sedangkan untuk pengiriman kargo pesawat internasional menggunakan AWB atau Air Way Bill, Anda bisa menghubungi jasa freight forwarder untuk bertanya mengenai pengiriman barang ke tempat tujuan, nantinya dokumen akan diperiksa dan barang dicek oleh pihak pabean.

Barang perlu dicek untuk mengetahui apakah barang yang akan dikirim sudah memenuhi kriteria, jika barang sudah memenuhi kriteria berarti tidak ada pelanggaran kriteria, barang yang layak kirim akan disimpan di dalam gudang untuk menunggu waktu pengiriman yang sesuai.

Air Way Bill merupakan dokumen yang dibuat berdasarkan perjanjian antara shipper dengan airlines, shipper yang dimaksud disini adalah agen kargo, AWB sendiri adalah bukti kontrak kerjasama atau kesepakatan dalam mengangkut barang sesuai rute yang dilewati airlines tersebut, AWB harus diisi dengan data yang benar dan sesuai termasuk sesuai dengan aturan TACT, karena dokumen pengiriman kargo domestik; dokumen kargo impor dan dokumen kargo ekspor berbeda maka harus bisa menyiapkan dengan teliti.

Seperti misalnya kargo impor dimana terdapat 3 jenis dokumen yang perlu diurus, dokumen untuk acceptance; document processing; warehouse dan rush hundling, dalam masing-masing jenis tersebut masih terbagi lagi menjadi beberapa bagian dokumen, beberapa diantaranya seperti Manifest Cargo inbound; notice on arrival; pemberitahuan impor barang tertentu; delivery order; delivery bill.

Paket kargo yang diterima nantinya harus masuk dalam kategori ready for carriage, tidak hanya AWB saja yang perlu dilengkapi jika melakukan pengiriman ke luar negeri tetapi ada dokumen yang lainnya, apalagi kargo harus ditandai dengan consignee; alamat yang sesuai serta nama jalannya, isi paket harus dikemas dengan baik terlebih yang masuk dalam dangerous goods harus dikemas sesuai dengan regulasi IATA Dangerous Goods.

Jenis Kargo

Adapun jenis kargo dibagi ke dalam dua golongan general cargo dan special cargo, jenis general cargo biasanya digunakan untuk mengirim barang-barang tidak memerlukan penanganan khusus, meskipun tidak perlu penanganan khusus tetap harus memenuhi aspek keselamatan, yang termasuk dalam general cargo seperti garment; peralatan rumah tangga; peralatan olahraga dan lainnya.

Sedangkan untuk jenis yang kedua yaitu special cargo memerlukan penanganan pengiriman yang khusus, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi dan persyaratan tersebut harus sesuai dengan IATA regulation, biasanya yang termasuk dalam special cargo diantaranya humain remain; live human organ; live animal; valuable goods; perishable goods; diplomatic pouch.

Jadi sebelum Anda mengirimkan barang lewat ekspedisi kargo Anda perlu mengetahui apakah jenis barang yang dikirim sesuai dengan ketentuan atau tidak, hal ini penting diperhatikan untuk mempermudah pengklasifikasian pengiriman barang, mengingat tidak semua barang diperlakukan dengan cara yang sama dengan begitu dapat mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan,

Anda yang ingin mengirim barang tapi bingung menggunakan layanan yang tepat terlebih dahulu bisa berkonsultasi dengan jasa forwarder import "Kami", "Kami" merupakan perusahaan freight forwarding yang telah berpengalaman lebih dari 8 tahun menghubungkan pengiriman logistik antar negara, agen serta warehouse telah tersebar ke berbagai negara seperti China; Hongkong; Korea; Taiwan; Thailand dan Singapura.

"Kami" menyediakan layanan konsultasi untuk pengiriman domestik atau mancanegara, saat barang kiriman tiba di Indonesia Antaralogistik akan membantu Anda mengurus custom clearance, selain berkonsultasi dan pengurusan dokumen jasa forwarder import "Kami" juga menawarkan kemudahan dan biaya terjangkau pengiriman dengan menggunakan pesawat kargo.

Post a Comment for "Mengenal Jenis Pesawat Kargo dan Persyaratan Dokumen Pengiriman"